SUKSESKAN PEMILU SERENTAK TAHUN 2019 RABU 17 APRIL 2019. PASTIKAN ANDA TERDAFTAR SEBAGAI PEMILIH PADA PEMILU TAHUN 2019, JIKA BELUM SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA KE PPS/PPK/KPU KABUPATEN
  Menu Utama
 
  Web Statistik
Status
Visitor hari ini : 11
Visitor online : 3
IP : 54.224.166.141

Detail Statistik
 
  Web Links
 
  Agenda Kegiatan
Sosialisasi Tahapan dan Regulasi Pemilu 2019
  Rabu, 11 Oktober 2017
Rapat Pengenalan tentang Aplikasi SIPOL
  Senin, 22 Mei 2017
Kunjungan SMK Negeri 3 Kerato Unter Iwes ke RPP Bala Late KPU Kab. Sumbawa
  Selasa, 23 Mei 2017
 

KPU Terima Pendaftaran Caleg Terakhir 17 Juni

 

KPU News Sumbawa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa sejak tanggal 4 Juli lalu, sudah mulai membuka kran untuk penerimaan pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Kabupaten Sumbawa untuk Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Pendaftaran tersebut akan berlangsung hingga tanggal 17 Juli 2018.

Anggota KPU Kabupaten Sumbawa Sudirman SIP, kepada Tim KPU News Sumbawa tadi malam menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Sumbawa akan menerima pendaftaran Bacaleg terakhir pada tanggal 17 Juli pukul 24.00 Wita.

Secara umum disampaikan Sudirman, bahwa ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam pendaftaran pencalonan bakal calon legislatif yang harus dilengkapi pada saat pendaftaran diantaranya, wajib menyampaikan surat pencalonan dari Parpol, kemudian harus menyampaikan keterwakilan perempuan 30 persen yang ditempatkan pada nomor urut 1 sampai 3.

“kalau ketentuan persentase keterwakilan perempuan ini tidak dipenuhi, maka KPU akan mengembalikan berkas Parpol tersebut untuk dilakukan perbaikan pada masa perbaikan,” jelasnya.

Apabila Parpol tidak memperbaiki lanjutnya maka seluruh daftar Caleg di Dapil tersebut dicoret oleh KPU artinya tidak ada Caleg di Dapil tersebut dari partai yang bersangkutan.

Menyinggung bakal Caleg dari anggota DPRD Sumbawa yang pindah partai, disampaikan Sudirman, khusus terhadap Bacaleg yang pindah partai dan statusnya sebagai anggota dewan, maka harus membuat Surat Pengunduran Diri sebagai Anggota DPRD dan harus melampirkan tanda terima surat pengunduran diri.

Selain itu sambung Sudirman, Bacaleg tersebut juga harus melampirkan surat pernyataan  dari pejabat yang berwenang di DPRD (Pimpinan dewan) yang menyatakan pengundurannya sedang diproses pemberhentiannya.

Selanjutnya, bagi anggota DPRD yang pindah Parpol harus sudah memegang SK pemberhentikan yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenangan sehari sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

Diingatkan juga bahwa untuk persyaratan pencalonan bagi Bacaleg yang pindah partai tersebut harus memiliki KTA Partai yang mengusulnya.

Selain itu diinformasikan juga bahwa bagi warga yang ingin mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif tidak boleh terkena kasus pidana korupsi, bandar narkoba, dan kejahatan seksual terhadap anak.

“kami akan mencoret Bacaleg yang terkena kasus pidana korupsi, bandar narkoba, dan kejahatan seksual terhadap anak,” jelasnya.

Setelah pendaftaran berakhir tangal 17 Juli nanti jelas Sudirman, KPU akan melakukan proses verifikasi terhadap persyaratan pencalonan dan persyaratan calon sekitar 2 minggu, kemudian pada bulan Agustus mendatang akan ditetapkan Daftar Caleg Sementara (DCS) dan pada bulan September akan ditetapkan DCT. (Gac)

Sumber : Gaung NTB
 
 
 
 
Profil Keanggotaan KPUD
 
 
 
  Kalender
September 2018
SunMonTueWedThuFriSat
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30 
 
  Partai Peserta Pemilu
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  Web Polling
 
 
Bagaimana tampilan web ini menurut anda..?


Bagus Sekali ( 239 )
Cukup Bagus ( 180 )
Kurang Bagus ( 99 )


518 total votes

 
 
 
 
 
 
Copyright © 2012 Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Sumbawa
Design by KPUD Kabupaten Sumbawa