SUKSESKAN PEMILU SERENTAK TAHUN 2019 RABU 17 APRIL 2019. PASTIKAN ANDA TERDAFTAR SEBAGAI PEMILIH PADA PEMILU TAHUN 2019, JIKA BELUM SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA KE PPS/PPK/KPU KABUPATEN
  Menu Utama
 
  Web Statistik
Status
Visitor hari ini : 120
Visitor online : 1
IP : 54.156.39.245

Detail Statistik
 
  Web Links
 
  Agenda Kegiatan
Sosialisasi Tahapan dan Regulasi Pemilu 2019
  Rabu, 11 Oktober 2017
Rapat Pengenalan tentang Aplikasi SIPOL
  Senin, 22 Mei 2017
Kunjungan SMK Negeri 3 Kerato Unter Iwes ke RPP Bala Late KPU Kab. Sumbawa
  Selasa, 23 Mei 2017
 

KPU Sumbawa Gelar Sosialisasi Pencalonan Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa dan Pengenalan Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON)

 

Jumat tanggal 8 Juni 2018,  KPU Sumbawa  gelar sosialisasi Pencalonan Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa dan Pengenalan Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan bertempat di hotel transit Sumbawa. Acara ini diikuti oleh seluruh komisioner KPU Kabupaten Sumbawa,  pimpinan partai politik se kabupaten Sumbawa dan 2 orang operator.

Komisioner KPU Sumbawa Sudirman yang menjadi nara sumber pada acara tersebut menyampaikan materi tentang mekanisme pengajuan bakal calon dan syarat pengajuan calon serta pengenalan aplikasi sistem informasi pencalonan (SILON).

Sudirman dalam pengantarnya menyampaikan bahwa walaupun PKPU tentang pencalonan anggota DPRD kabupaten/kota.masih dalam bentuk draft, KPU Sumbawa tetap melaksanakan sosialisasi karena tahapannya sudah dimulai sejak tanggal 4 Juli – 17 Juli 2018. KPU Sumbawa juga ingin memberikan kesempatan kepada para calon legislatif untuk mempersiapkan diri dari awal.

Lebih lanjut Sudirmman menyampaikan bahwa semangat dari PKPU pencalonan adalan bahwa KPU ingin berkepentingan bahwa caleg yang diusulkan oleh partai politik adalah benar- benar yang mampu memberi contoh bagi masyarakat. “Hal ini disebabkan karena KPU sekarang ingin mendorong proses demokrasi yang lebih substantif. Bukan sekedar prosedural, ada caleg saja” Sudirman mencontohkan bahwa ada satu pasal di PKPU pencalonan yang sampai sosialisasi ini dilaksanaakan belum mendapat persetujuan dari Menkumham, yaitu ketentuan tentang bahwa terpidana kasus korupsi tidak boleh mencalonkan diri sebagai sebagai calon anggota legislatif.

Lebih lanjut Sudirman menyampaikan bahwa ada lima dokumen yang harus disiapkan oleh caleg. Pertama model B, yaitu surat pencalonan yang diajukan oleh pimpinan partai politik peserta pemilu sesuai tingkatanya. Kemudian jumlah bakal calon paling banyak 100 % dari jumlah kursi yang ditetapkan pada setiap Dapil. Selanjutnya pengajuan bakal calon disusun dalam daftar bakal calon yang wajib memuat keterwakilan perempuan paling sedikit 30 % di setiap Dapil

Untuk persyaratan bakal calon Sudirman memaparkan Balon anggota DPRD adalah warga negara Indonesia, telah berumur 21 tahun, berpendidikan paling rendah tamat SMA atau sederajat, tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah  memperoleh kekuatan hukum tetap, kecuali secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik bahwa yang bersangkutan mantan terpidana.

Pada sesi terakhir diperkenalkan aplikasi Sistem informasi Pencalonan (SILON).” Aplikasi ini disiapkan untuk mendukung kerja penyelenggara pemilu dalam melakukan verifikasi kelengkapan pemenuhan persyaratan bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/ kota”. Demikian terang Sudirman.

Sumber : DIV SDM DAN PARMAS
 
 
 
 
Profil Keanggotaan KPUD
 
 
 
  Kalender
October 2018
SunMonTueWedThuFriSat
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031 
 
  Partai Peserta Pemilu
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  Web Polling
 
 
Bagaimana tampilan web ini menurut anda..?


Bagus Sekali ( 242 )
Cukup Bagus ( 180 )
Kurang Bagus ( 100 )


522 total votes

 
 
 
 
 
 
Copyright © 2012 Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Sumbawa
Design by KPUD Kabupaten Sumbawa