SUKSESKAN PEMILU SERENTAK TAHUN 2019 RABU 17 APRIL 2019. PASTIKAN ANDA TERDAFTAR SEBAGAI PEMILIH PADA PEMILU TAHUN 2019, JIKA BELUM SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA KE PPS/PPK/KPU KABUPATEN
  Menu Utama
 
  Web Statistik
Status
Visitor hari ini : 103
Visitor online : 1
IP : 54.167.112.42

Detail Statistik
 
  Web Links
 
  Agenda Kegiatan
Sosialisasi Tahapan dan Regulasi Pemilu 2019
  Rabu, 11 Oktober 2017
Rapat Pengenalan tentang Aplikasi SIPOL
  Senin, 22 Mei 2017
Kunjungan SMK Negeri 3 Kerato Unter Iwes ke RPP Bala Late KPU Kab. Sumbawa
  Selasa, 23 Mei 2017
 

KPU SUMBAWA GELAR BIMTEK PUNGUT HITUNG BAGI PPK SE KABUPATEN SUMBAWA

 

Jelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 mendatang, KPU Kabupaten Sumbawa menggelar Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara bagi PPK se Kabupaten Sumbawa. Acara yang digelar di aula KPU Kabupaten Sumbawa tersebut, dilaksanakan secara bergelombang yaitu dari tanggal 7 Mei sampai dengan 9 Mei 2018.  Gelombang pertama diikuti oleh PPK dari kecamatan Moyo Hulu, Lunyuk, Orong Telu, Lape, Lopok, Lenangguar, Ropang dan Lantung. Gelombang kedua diikuti oleh PPK dari kecamatan Plampang, Moyo Hilir, Moyo Utara, Alas, Alas Barat, Buer, Utan dan Rhee. Gelombang ketiga diukuti oleh PPK kecamatan Sumbawa, Empang, Tarano, Labangka, Maronge, Unter Iwes, Labuhan Badas dan Batulanteh.

      Bimbingan Teknis dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Sumbawa Syukri Rahmat, S.Ag yang dalam sambutannya mengingatkan bahwa kegiatan bimbingan teknis ini merupakan kegiatan yang sangat penting yang harus diketahui oleh PPK , karena kegiatan ini merupakan teknis simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang nantinya akan kita laksanakan pada  hari H yakni 27 Juni 2018.

      Lebih lanjut Syukri Rahmat menjelaskan tujuan dilaksanakannya Bimbingan Teknis ini yaitu agar penyelenggara memiliki pemahaman dan kemampuan untuk melakukan pemungutan dan penghitungan suara yang baik dan sesuai dengan regulasi.  Bimbingan Teknis ini juga akan dilaksanakan hingga ke tingkat PPS`( Panitia Pemungutan Suara ) dan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara).

      Dalam sesi Bimtek langsung dipandu oleh Divisi Teknis Sudirman. Dalam sesi ini Sudirman memaparkan materi-materi tata cara pemungutan dan penghitungan suara dan langsung mempraktekkan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Dalam pemaparan materi pungut hitung, ditekankan bahwa syarat pemilih untuk dapat menggunakan hak pilih adalah harus menunjukkan KTP elektronik atau Surat Keterangan pada saat menggunakan hak pilih di TPS. Sesi simulasi dilakukan dari tahapan persiapan, yaitu penyiapan TPS, penempelan DPT dan visi misi paslon sampai dengan tahapan dimulainya rapat pemungutan dan penghitungan suara. Simulasi dilaksanakan sebagaimana standar dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

      Sudirman berharap, dengan diadakannya Bimbingan Teknis dan Simulasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan penyelenggara kepada pemilih, transparansi dalam pemungutan suara serta akuntabilitas dalam rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara, diharapkan pula agar proses dan pelaksanaan pemungutan serta penghitungan suara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2018 di Kabupaten Sumbawa khususnya bisa berjalan dengan lancar dan tanpa kendala yang berarti, karena petugas-petugasnya sudah dibimtek.

Sumber : subbag teknis
 
 
 
 
Profil Keanggotaan KPUD
 
 
 
  Kalender
November 2018
SunMonTueWedThuFriSat
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930 
 
  Partai Peserta Pemilu
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  Web Polling
 
 
Bagaimana tampilan web ini menurut anda..?


Bagus Sekali ( 243 )
Cukup Bagus ( 180 )
Kurang Bagus ( 100 )


523 total votes

 
 
 
 
 
 
Copyright © 2012 Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Sumbawa
Design by KPUD Kabupaten Sumbawa